PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENENTUAN MITRA KERJA PADA BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Suharta
  • Rino Gupitha

Keywords:

Mitra Kerja, Penentuan Mitra Kerja, Sistem Pengambilan Keputusan

Abstract

Mitra merupakan sumber daya manusia yang merupakan salah satu aspek yang berperan penting dalam perkembangan sebuah perusahaan maupun lembaga struktural lainnya. Dalam hal penentuan mitra kerja pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang mengalami kesulitan untuk menentukan mitra kerja yang kompeten. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian mengenai pengelolaan mitra kerja langsung ke lokasi penelitian yang bertujuan untuk melihat langsung proses yang berjalan. Proses pengelolaan mitra masih dilakukan manual dan sering terjadi kesalahan terlebih lagi mitra sering mendapatkan pekerjaan lebih dari satu pekerjaan pada saat yang bersamaan tentunya itu menghambat pekerjaan mitra itu sendiri.
Pada penelitian ini penulis mengembangkan Sistem Informasi Penentuan Mitra Kerja untuk membantu proses penentuan mitra kerja dari melakukan pengelolaan data mitra, membuat status mitra bekerja, menentukan mitra kerja. Sehingga mitra tidak akan bisa menerima pekerjaan lebih dari satu dan pekerjaan mitra bisa lebih optimal berdasarkan kemempuannya. Dalam pengembangan Sistem Informasi Penentuan Mitra Kerja ini menggunakan beberapa diagram pemodelan diantaranya diagram use case, activity diagram, class diagram, dan squance diagram.
Dalam melakukan pengambilan keputusan menggunakan penilaian pada setiap mitra berdasarkan kriteria-kriteria yang ada, dengan begitu mitra yang kompeten adalah mitra yang memiliki nilai tertinggi.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam proses penentuan mitra kerja pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang.

Downloads

Published

2021-10-30

Issue

Section

Articles