SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI PERKEMBANGAN SEKOLAH (STUDI KASUS SDIT AL FAZZA BLANAKAN)

Authors

  • Surami
  • Rusnedi Abdul Gani

Keywords:

Monitoring, Evaluasi, Sekolah

Abstract

Mutu pendidikan pada satuan sekolah merupakan hal yang penting yang tak lepas dari kegiatan monitoring dan evaluasi dengan tolak ukur yang telah di tetapkan untuk melihat bagaimana mutu pada sekolah tersebut. Untuk melihat perkebangan sekolah banyak data-data yang dibutuhkan seperti data sarana prasarana sekolah, prestasi yang diraih baik oleh murid atau guru dan data-data lainnya yang mendukung perkembangan sekolah SDIT Al Fazza lainnya sehingga menuntut adanya integrasi antara teknologi sistem informasi dengan kegiatan monitoring internal sekolah.

Data-data pada sekolah yang diperlukan memiliki jumlah yang cukup banyak yang diinput pada tempat yang berbeda-beda sehingga dalam pencarian data memerlukan waktu yang lumayan lama oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi monitoring yang dapat memonitoring perkembangan sekolah guna untuk efesiensi dan efektivitas kegiatan monitoring internal pada SDIT Al Fazza. Namun, pada sistem informasi monitoring ini mematasi akses login yaitu hanya dapat di akses oleh pihak-pihak yang bersangkutan dalam kegiatan monitoring internal ini.

Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini yaitu dengan menggunakan metode RUP (Rational Unified Proccess), pemodelan menggunkan UML, xampp paket server dan MySQL sebagai database server.

Dengan diterapkannya sistem informasi monitoring dan evaluasi perkembangan sekolah SDIT Al Fazza ini diharapkan dapat melakukan monitoring lebih optimal dan menghasilkan data-data lebih cepat dan akurat yang dapat di pakai untuk membantu perkembangan sekolah

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles