IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RETRIBUSI TEMPAT PELELANGAN IKAN DI KABUPATEN SUBANG

Authors

  • ade nawawi

Keywords:

Implementasi kebijakan.

Abstract

Adanya otonomi daerah menjadikan suatu daerah untuk mengurus semua urusan rumah tangganya sendiri. Salah catu caranya dengan memanfaatkan sumber pendapatan asli daerah guna menunjang peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Kepedulian pemerintah guna meningkatkan Pendapatan Asli daerah dengan adanya kebijakan pemungutan retribusi daerah. Salah satu kebijakan tersebut adalah adanya kebijakan Retribusi Tempat Pelelangan Ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan retribusi Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Subang dan faktor-faktor yang menghambat implementasi kebijakan retribusi Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Subang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian Data dan Menarik kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan retribusi Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Subang yang peneliti arahkan kepada teori Implementasi kebijakan dari Van Metter dan Van Horn belum sepenuhnya terpenuhi: (a) Standar dan sasaran kebijakan yang masih kurang di pahami oleh umumnya petugas dan pengguna Tempat Pelelangan Ikan, (b) Kurangnya sumber daya terutama sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan kemampuan yang kompeten untuk melaksanakan kebijakan retribusi tempat pelelangan ikan, (c) Kurangnya rasa kejujuran dan tanggung jawab dari para pihak terkait dalalm pelaksanaan kebijakan sehingga menghambat pelaksanaan kebijakan dan kurangnya penegakan sanksi bagi yang melanggar atau tidak sesuai dengan kebijakan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan retribusi Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Subang akan berhasil apabila pelaksana dan penerima kebijakan memahami isi dari kebijakan serta didukung dengan pengawasan yang lebih baik melalui penambahan petugas pengawas dalam pengimplementasian kebijakan retribusi Tempat Pelelangan Ikan.

Downloads

Published

2018-10-26