KINERJA PEMELIHARAAN JALAN KABUPATEN PADA DINAS BINA MARGA DAN PENGAIRAN KABUPATEN SUBANG

Authors

  • iwan henri kusnadi
  • luki natika

Keywords:

Kinerja

Abstract

Tujuan dilakukannya penulisan adalah untuk mengetahui Kinerja Pemeliharaan Jalan Kabupaten Pada Dina Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Subang, selain itu untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam Kinerja Pemeliharaan Jalan Kabupaten Pada Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Subang.
Objek yang menjadi penelitian adalah Pada Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Subang, yang beralamat di Jalan K.S. Tubun No.16 Kabupaten Subang. Telepon (0260) 411106 Subang. Berdasarkan hasil penelitian menemukan beberapa masalah / hambatan sebagai berikut : masih terdapatnya kegiatan pekerjaan pemeliharaan jalan yang hasilnya kurang optimal sehingga menyebabkan jalan yang berlubang mudah rusak kembali dan masih ditemukan adanya kerusakan jalan yang berlubang dalam pemeliharaan jalan, melihat dari hambatan tersebut maka penulis menjadikan Dinas Bina Marga sebagai objek penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kualitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling yaitu jenis sampel yang pemilihannya didasarkan atas kriteria tujuan dan manfaatnya. Informan yang diambil adalah Kasie Pemeliharaan, Kabid Bina Marga, Kasie penyususunan program Bina Marga dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi.
Berdasarakan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa Kinerja Pemeliharaan Jalan Kabupaten pada Dinas Bina Marga dan pengairan Kabupaten Subang dalam pengerjaanya belum sepenuhnya memperhatikan faktor- faktor kinerja sehingga dalam pemeliharaan jalan kabupaten belum efektif karena hasil yang diinginkan yaitu kondisi jalan yang baik, pengerjaannya sesuai dengan rencana dan target waktu yang ditentukan belum sepenuhnya tercapai dalam Pemeliharaan Jalan Kabupaten.

Kata Kunci : Kinerja

Downloads

Published

2013-06-16