KINERJA BIDANG KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN DINAS TATA RUANG PEMUKIMAN DAN KEBERSIHAN DALAM MENANGANI SAMPAH DI KABUPATEN SUBANG

Authors

  • luki natika

Keywords:

Kinerja Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Tata Ruang Permukiman dan Kebersihan dalam Menangani Sampah di Kabupaten Subang, Performance Sector and Sanitation Department of Housing and Spatial Planning in the Hygiene Handle Waste in Subang

Abstract

Bidang Kebersihan dan Pertamanan sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam kebersihan dan keindahan Kabupaten Subang, sudah menjadi kewajiban untuk menciptakan kebersihan dengan kinerja yang optimal. Namun kendala yang dihadapi saat ini adalah belum optimalnya Kinerja Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Tata Ruang Permukiman dan Kebersihan dalam Menangani Sampah di Kabupaten Subang secara keseluruhan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kinerja Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Tata Ruang Permukiman dan Kebersihan dalam Menangani Sampah di Kabupaten Subang sudah berjalan dengan baik atau tidak dan untuk mengetahui unsur-unsur apa saja yang menjadi kendala Kinerja Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Tata Ruang Permukiman dan Kebersihan dalam Menangani Sampah di Kabupaten Subang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif dengan teknik Snowball Samping, yaitu proses penentuan informan berdasarkan informan sebelumnya tanpa menentukan jumlahnya secara pasti dengan menggali informasi terkait topik penelitian yang diperlukan. Informan yang diambil adalah Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Kepala Seksi Operasional, Kepala Seksi Persampahan, dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi.
Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa Kinerja Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Tata Ruang Permukiman dan Kebersihan dalam Menangani Sampah di Kabupaten Subang secara umum belum optimal. Unsur-unsur yang mempengaruhi keberhasilan Kinerja Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Tata Ruang Permukiman dan Kebersihan dalam Menangani Sampah di Kabupaten Subang adalah sarana dan prasarana, kondisi geografis dan jumlah penduduk serta pertisipasi masyarakat.

Kata Kunci : Kinerja Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Tata Ruang Permukiman dan Kebersihan dalam Menangani Sampah di Kabupaten Subang

 

Field of Hygiene and as one of the parties responsible for the cleanliness and beauty of Subang district, has become a liability to create a cleanliness with optimal performance. However, the constraints faced today is not optimal and Sanitation Sector Performance Spatial Planning Settlement and Hygiene in Waste Handling in Subang overall.
The purpose of this study was to determine whether the Performance Division of Hygiene and Spatial Planning Settlement and Hygiene in Handling Garbage in Subang district is already running well or not and to determine what elements are an obstacle Performance Sector and Sanitation Department of Spatial Planning settlement and Hygiene in Waste Handling in Subang.
The method used in this research is using qualitative approach with descriptive analysis method with Snowball engineering side, ie the process of determining the informants based on previous informant without specifying exact numbers by exploring related information necessary research topics. Informants taken was Head of Cleanliness and Landscaping, Head of Operations Section, Section Head of Waste, and Society. Data collection techniques include interviews and observation.
Based on research, the result that performance and Sanitation Sector Department of Housing and Spatial Planning in the Hygiene Handle Waste in Subang district is generally not optimal. The elements that affect the success and Sanitation Sector Performance Spatial Planning Settlement and Hygiene in Waste Handling in Subang is infrastructure, geography and population and public participation.

Keywords : Performance Sector and Sanitation Department of Housing and Spatial Planning in the Hygiene Handle Waste in Subang

Downloads

Published

2020-05-16