FENOMENA GOLONGAN PUTIH PADA PEMILU DI SUKU DAYAK HINDU BUDHA BUMI SEGANDU INDRAMAYU

Studi Fenomenologi Konsep Ngaji Rasa Dalam Memutuskan Golput Pada Setiap Pemilihan Umum di Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Desa Krimun, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu

Authors

  • GUGUN FAISAL RIZKI

Keywords:

Komunikasi Politik, Golput, Suku Dayak Indramayu, Fenomenologi

Abstract

Fenomena Golput (golongan putih) anggota Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu memiliki nilai kajian yang unik untuk memahami dan menganalisis tindakan politik, nilai-nilai kepercayaan dan budaya yang dijalaninya dalam kehidupan sehari-hari. Penggalian makna atas tindakan yang terlihat (noema) dan pikiran ideal (noesis) yang ada dalam pikiran anggota Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu menjadi fokus penelitian dalam mendapatkan pengetahuan dan analisis yang lengkap dari aspek pengalaman politik, tindakan kesengajaan politik dan pandangan masyarakat dalam memahami fenomena anggota Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu.

Tujuan dari penelitian ini adalah memahami dan menganalisis pengalaman sadar anggota Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu terkait pengalaman-pengalaman politik yang dilalui. Tindakan kesengajaan atas partisipasi politik Bapak Waran, Bapak Wakudin dan Bapak Wardi saat pemilu dan pilkada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan paradigma konstruktivis.

Kesimpulan dalam penelitian fenomena Golput anggota Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu merupakan hasil dari konstruksi pengalaman sadar informan melalui proses pertukaran simbol komunikasi politik dan pengalaman politik di masa lalu yakni kekerasan di era Orde Baru, muncul realitas politik yang saling menghina, saling membenci, dan saling menyakiti yang mencerminkan bahwa politik menghalalkan segala cara. Tindakan kesengajaan (intensionalitas) partisipasi politik didasarkan pada pengalaman yang dirasa, dialami, dipahami, dan juga sebagai bentuk alasan  untuk menentramkan jiwa dalam menjalani kehidupan sekarang dan masa depan.

Additional Files

Published

2021-05-31

How to Cite

GUGUN FAISAL RIZKI. (2021). FENOMENA GOLONGAN PUTIH PADA PEMILU DI SUKU DAYAK HINDU BUDHA BUMI SEGANDU INDRAMAYU: Studi Fenomenologi Konsep Ngaji Rasa Dalam Memutuskan Golput Pada Setiap Pemilihan Umum di Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Desa Krimun, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–10. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1056

Issue

Section

Articles