MAKNA SLOGAN SATU VESPA SEJUTA SAUDARA PADA KOMUNITAS VESPA SUBANG

Analisis Semiotika Slogan Satu Vespa Sejuta Saudara

Authors

  • Akhmad Basuni
  • Tini Rohaetin

Keywords:

Penelitian Kualitatif, Semiotika, Vespa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna slogan Satu Vespa Sejuta Saudara. Latarbelakang dari penelitian ini yaitu  adanya fenomena komunikasi berupa slogan Satu Vespa Sejuta Saudara, sehingga menarik untuk diteliti.

Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis dengan teknik analisis semiotika. Sebagian besar data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi literatur.Setelah mendapatkan bahan tentang slogan Satu Vespa Sejuta Saudara, peneliti melakukan kategorisasi dan hasil tersebut di analisis secara semiotika Roland Barthes.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu slogan tersebut memiliki kekuatan sebagai teks yang enak dibaca dan teks yang enak ditulis. Slogan tersebut juga merupakan bentuk komunikasi kelompok yang digunakan oleh komunitas Vespa Subang.

Downloads

Published

2020-07-27

How to Cite

Basuni, A., & Tini Rohaetin. (2020). MAKNA SLOGAN SATU VESPA SEJUTA SAUDARA PADA KOMUNITAS VESPA SUBANG: Analisis Semiotika Slogan Satu Vespa Sejuta Saudara. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 1–11. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/782

Issue

Section

Articles