PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES DI KALANGAN MAHASISWA

STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SUBANG TAHUN AKADEMIK 2017-2018

Authors

  • Akhmad Basuni
  • Ivana Dea Rahma

Keywords:

Motif Penggunaan Media, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Subang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana motif penggunaan fitur Instagram Stories pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang Tahun Akademik 2017 dan 2018. Peneliti menggunakan konsep motif penggunaan media dari McQuail (1987:72) yang terdiri dari empat indikator, yakni: informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang Tahun Akademik 2017-2018 yang berjumlah 60 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan instrumen kuisoner, wawancara, observasi, dokumentasi serta studi kepustakaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan berada pada interval sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa motif penggunaan fitur Instagram Stories mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang Tahun Akademik 2017-2018 sangat tinggi.

Downloads

Published

2020-07-27

How to Cite

Basuni, A., & Ivana Dea Rahma. (2020). PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES DI KALANGAN MAHASISWA : STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SUBANG TAHUN AKADEMIK 2017-2018. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–16. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/783

Issue

Section

Articles