PERAN IDENTITAS BUDAYA DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SUBANG

Studi Kasus Peran Identitas Budaya Dalam Komunikasi Antarbudaya Pada Mahasiswa Etnis Jawa Di Universtas Subang

Authors

  • Akhmad Basuni

Keywords:

komunikasi antarbudaya, identitas budaya, etnis Jawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana peran identitas budaya dalam komunikasi antarbudaya pada mahasiswa etnis Jawa di Universitas Subang. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa etnis Jawa di Universitas Subang yang berjumlah tiga orang.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: pertama, identitas budaya membantu orang untuk memahami budaya dan kemudian dapat melihat dan merasakan budaya dari orang lain. Kedua, identitas budaya dapat memetakan keberadaan perbedaan diantara orang-orang sehingga setiap orang memiliki batasan dan pemahaman atas tindakan yang hendak dilakukan. Ketiga, identitas budaya menjadikan proses adaptasi seseorang menjadi lebih mudah, di mana seseorang yang memiliki etnis berbeda dengan etnis kebanyakan orang, maka identitas budaya menjadi penanda adanya perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing.

Downloads

Published

2020-07-27

How to Cite

Basuni, A. (2020). PERAN IDENTITAS BUDAYA DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SUBANG: Studi Kasus Peran Identitas Budaya Dalam Komunikasi Antarbudaya Pada Mahasiswa Etnis Jawa Di Universtas Subang. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 18–30. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/785

Issue

Section

Articles