PENGGUNAAN GOOGLE SEARCH DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SUBANG

Authors

  • Asep Awaludin FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SUBANG
  • Endah Suci Lestari

Keywords:

motif, Google search, Teori Uses and Gratifications

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan motif mahasiswa saat menggunakan google search dalam pemenuhan kebutuhan informasi di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang . Pada penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications yang menitikberatkan kepada motif . Dimana motif tersebut menjadi landasan dimana seseorang menggunakan media.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Responden penelitian ini adalah Mahasiswa Angkatan 2017 dan 2018 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang khususnya yang menggunakan google search, dengan jumlah responden 60 orang . Hasil Penelitian menunjukan bahwa indikator informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial , serta hiburan ini sejalan dengan teori uses and gratifications dengan terbuktinya nilai interval yang didapat dari indikator motif penggunaan google search secara keseluruhan berada pada range sangat tinggi. Motif yang muncul dalam penggunaan google search adalah untuk menjadi sumber informasi yang utama untuk memenuhi kebutuhan belajar.

Downloads

Published

2020-08-12

How to Cite

Awaludin, A., & Endah Suci Lestari. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE SEARCH DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SUBANG. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 33–40. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/793

Issue

Section

Articles