METODA JARIMATIKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERHITUNG PERKALIAN DI KELAS II SDN SALEP

Authors

  • EEN ROHAENI SDN Salep kecamatan Subang

Keywords:

Jarimatika

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada kelas II disebabkan sebagian besar siswa belum mampu menguasai operasi hitung perkalian. Dalam operasi hitung perkalian siswa masih bingung membedakan bilangan terkali dan dikali serta lambat dalam menghitungnya. Masalah lainnya juga karena mayoritas siswa pasif mengajukan pertanyaan dan enggan mengerjakan ke depan.Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran pada materi perkalian d kelas II SDN Salep kecamatan Subang dari jumlah 31 siswa hanya 75%  mencapai ketuntasan.Kenyataannya banyak siswa yang kurang terampil dalam materi perkalian dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan teknik jarimatika pada siswa kelas II SDN Salep.Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SDN Salep, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian. Kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah  61% yang diperoleh dari siklus I adalah 72% dan nilai rata-rata siklus II adalah 84 %.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

ROHAENI, E. (2017). METODA JARIMATIKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERHITUNG PERKALIAN DI KELAS II SDN SALEP. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/111

Issue

Section

Articles