Korelasi Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Dribbling Futsal

Authors

  • Deni Mudian Universitas Subang
  • Arif Fajar Prasetiyo Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i1.1433

Keywords:

Dribbling, Permainan Futsal, Kecepatan, Kelincahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecepatan dengan keterampilan dribbling pada permainan futsal, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasional. Populasi yang digunakan adalah klub ekstrakurikluer futsal dan sampel yang ambil sebanyak 30 orang atlet. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengukuran kecepatan menggunakan tes lari 40 meter), pengukuran kelincahan menggunakan  illinois agiliti run, dan tes dribbling. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan secara manual dan dengan bantuan software SPSS 20, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan sebesar 0.858 dan memiliki interpretasi nilai koefisien korelasi bahwa kecepatan memiliki hubungan positif yang sangat kuat terhadap ketrampilan dribbling futsal dan memiliki kontribusi sebesar 70%.  Terdapat hubungan yang signifikan sebesar 0.953 dan memiliki interpretasi nilai koefisien korelasi bahwa kelincahan memiliki hubungan positif yang sangat kuat terhadap ketrampilan dribbling futsal dan memiliki kontribusi 85,4%. Terdapat hubungan yang signifikan sebesar 0.965 dan memiliki interpretasi nilai koefisien korelasi bahwa kecepatan dan kelincahan memiliki korelasi positif terhadap ketrampilan dribbling futsal dan memiliki kontribusi sebesar 88,5%. Kesimpulannya adalah terdapat korelasi yang signifikan antara kecepatan, kelincahan dengan keterampilan dribbling pada permainan futsal

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Mudian, D., & Prasetiyo, A. F. (2023). Korelasi Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Dribbling Futsal. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 59–67. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i1.1433

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2