Didactical Engineering Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA

Authors

  • Bety Miliyawati Universitas Subang
  • Wanti Siti Nurhayati Universitas Subang
  • Aisya Amin Muhammad Universitas Subang
  • Moch. Bintang Ramdani Universitas Subang
  • Hana Nurhalisa Karlina Universitas Subang
  • Bekthi Desthan Mandani Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1835

Keywords:

Berpikir Kreatif Matematis, Didactical Engineering, Learning Obstacle

Abstract

Berbagai penelitian, baik di tingkat internasional maupun nasional mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA masih rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yakni mendesain bahan ajar berdasarkan langkah-langkah Didactical Engineering (DE) yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA, serta menganalisis learning obstacle siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat diperlukan, karena itu perlu dimiliki setiap siswa, demikian pula pemahaman terhadap karakteristik siswa, guru dapat meminimalkan munculnya pembelajaran yang justru menimbulkan tekanan negatif terhadap siswa. Didactical Engineering (DE) telah terbukti mampu mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa, sehingga Didactical Engineering (DE) diduga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan desain Didactical Engineering (DE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Didactical Engineering (DE) mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Miliyawati, B., Nurhayati, W. S., Muhammad, A. A., Ramdani, M. B., Karlina, H. N., & Mandani, B. D. (2024). Didactical Engineering Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 87 –. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1835

Most read articles by the same author(s)