PENGARUH METODE PRAKTEK TERHADAP BELAJAR LAY UP SHOOT DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET (Peserta ekstrakulikuler siswa SMK Pasundan Subang)

Authors

  • ADITYA DWITAMA Prodi PJKR FKIP Universitas Subang

Keywords:

Latihan metode praktek, Belajar lay up shoot, Bola basket.

Abstract

Bola basket termasuk jenis olahraga yang kompleks gerakannya. Artinya gerakannya terdiri dari gabungan unsur-unsur gerak yang terkoordinasi rapi. Untuk itu seorang pemain harus menguasai semua teknik dasar bola basket khususnya teknik lay up shoot karena kelihatannya mudah dilakukan, hal ini tidak semudah itu. Dapat disimpulkan bahwa latihan menggunakan metode praktek dapat menjadi salah satu solusi untuk mempelajari dan meningkatkan hasil lay up shoot bagi pemain basket pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran metode praktek dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar lay up shoot pada siswa peserta ekstrakulikuler bola basket SMK Pasundan Subang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen, dengan membagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen A dengan perlakuan latihan metode praktek dan kelompok eksperimen B sebagai kelompok control. Populasi dalam penelitian iniĀ  adalah keseluruhan siswa peserta ekstrakulikuler bola basket SMK Pasundan Subang yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang diambil dengan total sampling berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes lay up shoot dari Imam Sodikun dengan validitas tes 0,509 dan reliabilitas tes 0,675. Analisis data menggunakan uji prasyarat, dan uji t. Hasil analisis menunjukan ada pengarah yang signifikan hasil dari latihan Metode Praktek pada kelompok eksperimen, dengan t hitung= 4,389> t tabel= 2,101 dan nilai signifikansi p sebesar 0,000< 0,05. Oleh karena itu dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa latihan metode praktek dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap peningkatan belajar lay up shoot bola basket peserta ekstrakulikuler bola basket SMK Pasundan Subang.

Downloads

Published

2018-02-13

How to Cite

DWITAMA, A. (2018). PENGARUH METODE PRAKTEK TERHADAP BELAJAR LAY UP SHOOT DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET (Peserta ekstrakulikuler siswa SMK Pasundan Subang). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/208