Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Sudut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Hani Handayani STKIP Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.683

Keywords:

contextual teaching learning, hasil belajar, aktivitas

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui gambaran meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep sudut melalui pendekatan contextual teaching learning. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tindakan pembelajaran. Setiap tindakan dilaksanakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis tindakan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Cikoneng di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. NIlai rata-rata aktivitas siswa setiap siklusnya adalah sebagai berikut: siklus 1 mencapai 73,2; siklus 2 mencapai 76,6; siklus 3 mencapai 81,3. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya adalah sebagai berikut: siklus 1 mencapai 68,4; silkus 2 mencapai 73,3; siklus 3 mencapai 76,8. Oleh karena ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan contextual teaching dan learning dalam pembelajaran sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Published

2020-02-26

How to Cite

Handayani, H. . (2020). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Sudut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 50–58. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.683