Pengaruh Motivasi Belajar pada Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.684Keywords:
Motivasi Belajar, Discovery Learning, Prestasi Belajar bahasa InggrisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi belajar pada model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar bahasa Inggris dalam kurikulum 2013. Instrumen yang digunakannya adalah test dan angket. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 siswa terdiri dari kelas X IPS 1 dan X IPS 2 di SMA Negeri Serangpanjang-Subang. Hasil perhitungan tersebut meningkat. Untuk Pre-test rata-rata dan untuk post-test 42.43 dan post-test memiliki rata-rata 63.36. Hasil dari kuesioner Discovery Learning menyatakan bahwa 0.940 > 0.60 berarti instrument variable Discovery Learning dinyatakan variable. Sedangkan hasil kuesioner motivasi belajar siswa menyatakan 0.784> 0.60 berarti instrument variable motivasi belajar dinyatakan variable. Kesimpulannya menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada penelitian ini.