Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Kimia Untuk Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Muhammad Ikhsan Sukaria STKIP Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.701

Keywords:

Penilaian, Afektif, Sikap, Minat, Konsep Diri

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendesain sebuah perangkat penilaian afektif yang meliputi aspek sikap, minat, konsep diri, dan nilai. Perangkat penilaian afektif terdiri dari dua jenis assessment  yaitu self assessment  dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kimia dan siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Makassar Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu pengembangan perangkat penilaian domain afektif pada pembelajaran kimia untuk sekolah menengah atas.Tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan berdasarkan tahapan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Hall yang terdiri dari sepuluh tahapan  tetapi disedehanakan menjadi tiga tahapan yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan perangkat, dan penerapan perangkat. Produk pengembangan kemudian divalidasi sebelum dilakukan penerapan perangkat.  Validasi ahli menyatakan seluruh instrumen dalam perangkat penilaian ini valid. Validitas perangkat berada pada kategori valid dengan nilai validitas 3,20. Setelah dinyatakan valid, dilakukan analisis kualitas. Analisis kualitas instrumen menyatakan keseluruhan instrumen untuk setiap domain afektif memiliki kualitas yang baik dengan nilai 3,12 berada pada kategori baik. Penerapan perangkat dilakukan untuk mengetahui tingkat kepraktisan perangkat penilaian afektif. Hasil uji kepraktisan oleh guru menunjukkan produk pengembangan berupa perangkat penilaian afektif memiliki tingkat praktikalitas yang tinggi. Kepraktisan perangkat berada pada kategori praktis dengan rata-rata nilai respons guru 3,00. Hal ini berarti keseluruhan perangkat penilaian afektif dalam pembelajaran kimia untuk sekolah menengah atas yang meliputi instrumen sikap, instrumen minat, instrumen, konsep diri, instrumen nilai, dan lembar observasi peserta didik semua aspeknya dinilai sangat baik oleh reviewer ahli maupun reviewer guru kimia SMA

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Sukaria, M. I. . (2020). Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Kimia Untuk Sekolah Menengah Atas. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 126–131. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.701