Pengaruh Problem Based Learning Disertai Didactical Engineering Terhadap Literasi Matematis Siswa

Authors

  • Bety Miliyawati Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.797

Keywords:

Problem Based Learning, Didactical Engineering, Literasi Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif tentang pengaruh problem based learning (PBL) disertai didactical engineering (DE) terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitiaan Posttest-Only Design with Nonequivalent Groups. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Subang dengan melibatkan sampel sebanyak 62 siswa yang tersebar dalam dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi butir tes kemampuan literasi matematis dan pedoman observasi kegiatan guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan uji statistik yang digunakan adalah uji t, uji Mann-Whitney, anova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa faktor pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kategori KAM.

 

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Miliyawati, B. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Disertai Didactical Engineering Terhadap Literasi Matematis Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(02), 48–54. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.797

Most read articles by the same author(s)