Analisis Tempat Berdagang Pedagang Informal di Pasar Tradisional Kabupaten Subang

Authors

  • Susanto Susanto

Keywords:

Pasar tradisional, pedagang informal, relokasi

Abstract

Kembalinya pedagang informal yang menempati pasar lama setelah dilakukan relokasi merupakan fenomana yang menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tempat berdagang yang ditempati baik ditempat relokasi maupun di pasar lama.
Lokasi objek penelitian merupakan pasar lama terdiri dari 2 lokasi dan pasar tempat relokasi yaitu pasar baru di kabupaten Subang., Lokasi 1 pasar lama yaitu terletak di area pertokoan pusat kota sedangkan lokasi 2 berupa pasar tradisional yang sudah dibongkar namun sekarang ramai kembali pedagang informal menempati tanah kosong dan bahu jalan. Untuk pasar baru tempat relokasi yaitu berupa bangunan baru berdekatan dengan terminal angkutan bus yang terletak jauh dari 2 lokasi pasar lama tadi.
Peneltian ini merupakan penelitian eksploratif, yang bertujuan untuk menggali data dan fakta dilapangan. Metoda yang digunakan diawali dengan pengamatan langsung untuk mengetahui elemen-elemen yang berkaitan dengan tempat berdagang. Selanjutnya dilakukan pertanyaan terbuka sebelum dilakukan kuesioner alasan pedagang informal kembali berdagang dari pasar baru tempat relokasi ke pasar lama. Setelah didapatkan data lapangan selanjutnya di analisis dengan menggunakan statistik.
Hasil peneltian menyimpulkan bahwa salah satu faktor yang menarik / mendorong pedagang informal kembali dari tempat relokasi adalah salah satunya tempat berdagang, selain faktor lain yang berpengaruh seperti penzoningan pedagang.

Downloads

Published

25-03-2018

How to Cite

Susanto, S. (2018). Analisis Tempat Berdagang Pedagang Informal di Pasar Tradisional Kabupaten Subang. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur), 2(2), 10–17. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/288