UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII A SMPN 5 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • E. Hidayatulloh SMPN 5 Subang

Keywords:

Model Pembelajaran, Hasil belajar, Aktivitas belajar

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melihat proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan hasil pembelajaran yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran IPA dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas VIII A SMPN 5 Subang pada materi tekanan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, tahapan dari masing-masing siklus terdiri atas: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIII A di SMPN 5 Subang yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk menggambarkan aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah,  sedangkan tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran materi tekanan dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 20 (baik) siklus II meningkat menjadi 30 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 27,5 (baik) siklus II meningkat menjadi 28,5 (baik). Pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 7,8125 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 78,125 % (tidak tuntas) pada siklus II meningkat menjadi rata-rata kelas yaitu 8,78 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 90,625 % (tuntas). Disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa di kelas VIII A SMPN 5 Subang.

Downloads

Published

2021-03-05

How to Cite

Hidayatulloh, . E. . (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII A SMPN 5 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(1), 14–21. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1022