PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN FIELDTRIP DENGAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI KEARIFAN LOKAL DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Authors

  • Nurwati Hertawan SMA NEGERI 2 SUBANG

Keywords:

Metode Pembelajaran fieldtrip, role playing, Hasil Belajar Siswa, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kearifan lokal dalam mata pelajaran sosiologi, hasil belajar siswa pada materi tersebut belum mencapai KKM. Tujuan umum dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode pembelajaran fieldtrip dan role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi khususnya materi kearifan lokal. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XII IPS 5 SMA Negeri 2 Subang yang berjumlah 37 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, instrumen yang digunakan adalah RPP, lembar soal,  lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, teknik observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, terdiri dari tahap reduksi data, sajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Aktivitas guru pada pembeljaran siklus I mencapai persentase 90%. Aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I mencapai persentase 70%, siklus II peningkatan yang dicapai sudah cukup optimal dengan persentase 100%. Dan hasil belajar siswa siklus I persentase keberhasilan siswa mencapai 59,45%, pada siklus II dengan keberhasilan siswa mencapai 78,38%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kearifan lokal dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode pembelajaran fieldtrip dan roleplaying.

Downloads

Published

2021-03-26

How to Cite

Hertawan, N. . (2021). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN FIELDTRIP DENGAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI KEARIFAN LOKAL DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(1), 82–88. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1039