PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP KITAB -KITAB ALLAH SWT

(Penelitian Tindakan pada Mata Pelajaran PAIBP di Kelas V SD Negeri Samudrajaya Blanakan Subang tahun pelajaran 2019-2020)

Authors

  • Titin Rozanah SDN Samudrajaya Blanakan Subang

Keywords:

Kontekstual, Pemahaman

Abstract

Tujuan yang ingin diketahui dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  (a) pemahaman peserta didik kelas V SD Samudrajaya Blanakan Subang terhadap Kitab -Kitab Allah SWT, (b) guru menyampaikan pembelajaan Kontekstual pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SD Negeri Samudrajaya Blanakan, (c) hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Samudrajaya pada mata pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  materi Mengenal Kitab- Kitab Allah SWT.  Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus tindakan, siklus pertama terdiri dari dua pertemuan, siklus kedua dan siklus ketiga terdiri dari dua pertemuan Penelitian dilaksanakan di SDN Samudrajaya Blanakan, dengan subjek penelitian 40 peserta didik kelas V tahun pelajaran 2019-2020. Dari hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan (a) peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap Kitab-Kitab Allah SWT yang terus meningkat dari satu siklus ke siklus berikutnya dengan pembelajaran kontekstual, (b) guru telah mampu menyampaikan pembelajaan Kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SD Negeri Samudrajaya Blanakan, (c) hasil Belajar peserta didik kelas V pada pelajaran PAI-BP  materi Mengenal Kitab- Kitab Allah SWT, menunjukkan peningkatan, yaitu pada siklus I nilai rata-rata ketuntasan 72,5 % dengan rata-rata nilai 68,7, pada siklus II nilai rata-rata ketuntatasan sebesar 82,5 % dengan rata-rata nilai 72,5, dan siklus III nilai rata-rata ketuntasan sebesar 90,00 % dengan nilai rata-rata 77,25.

Downloads

Published

2021-03-26

How to Cite

Rozanah, T. . (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP KITAB -KITAB ALLAH SWT: (Penelitian Tindakan pada Mata Pelajaran PAIBP di Kelas V SD Negeri Samudrajaya Blanakan Subang tahun pelajaran 2019-2020). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(1), 72–81. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1040