USAHA MENGHINDARI KESULITAN BELAJAR SENAM RHYTMIK DI SEKOLAH DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL

Authors

  • Agus Mulyana SMAN 3 Subang

Keywords:

Audio Visual, Kesulitan Belajar, Senam Rytmik

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul ”Usaha menghindari kesulitan belajar  senan Rhytmik di Sekolah  dengan metode pemecahan masalah (Problem Solving) melalui penggunaan media audio visual”. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Subang pada siswa kelas X MIPA 1 semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini  dilakukan karena berdasarkan hasil pengamatan pada saat pelajaran olah raga senam  banyak ditemui bahwa para siswa mengalami kesulitan untuk melakukan gerak rangkaian antara gerak kaki dan gerak tangan. Permasalahan yang diajukan adalah  “Apakah metode  pembelajaran pemecahan masalah ( problem solving ) melalui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan gerak siswa dalam melakukan  rangkaian gerak langkah kaki dan ayunan lengan pada senam rytmik“?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan gerak siswa dalam melakukan rangkaian gerak langkah kaki dan ayunan lengan pada senam rytmik.Data dikumpulkan melalui observasi guru, siswa, dan catatan penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum tindakan penelitian sebesar 58,4 % (pree-test), dan nilai rata-rata sesudah tindakan sebesar 73,9 % (post-test). Hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi peningkatan ketrampilan gerak senam rhytmik melalui koordinasi gerak kaki dan gerak ayunan lengan selama latihan sebesar 73,9 % melalui pendekatan metode pembelajaran pemecahan masalah  pada siswa SMAN 3 Subang.

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Mulyana, A. (2021). USAHA MENGHINDARI KESULITAN BELAJAR SENAM RHYTMIK DI SEKOLAH DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(2), 193–206. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1174