PENINGKATAN PEMEBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI SD NEGERI CIHEULEUT MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN

Authors

  • ERNI ERLIANI SD NEGERI CIHEULEUT

Keywords:

Pembelajaran, matematika, metode eksperimen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan materi Luas dan Volume Prisma Segitiga dan Tabung Lingkaran melalui metode eksperimen.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam pembelajaran 2 siklus. Subjek penelitian seluruh siswa kelas VI SD Negeri Ciheuleut, Kecamatan Subang, Kota Subang semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes.Analisis data dilakukan dengan 3 tahapan meliputi: Praobserpasi, Observasi dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen dari kondisi awal nilai rata-rata siswa 43,00, siswa yang mencapai ketuntasan KKM (23 %) kondisi akhir penelitian pada siklus ke dua diperoleh rata-rata nilai 71,5 dengan siswa yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 25 siswa (100%) pada siswa kelas VI SD Negeri Ciheuleut semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Luas dan Volume Prisma Segitiga dan Tabung Lingkaran pada siswa kelas VI SD Negeri Ciheuleut semester I Tahun Pelajaran 2016/2017

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

ERLIANI, E. (2018). PENINGKATAN PEMEBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI SD NEGERI CIHEULEUT MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/239