MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP TEMATIK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Authors

  • KUSDIYANTO KUSDIYANTO SDN Kiarasari Kec. Compreng Kab. Subang

Keywords:

Kemampuan Guru, RPP Tematik, Suvervisi Akademik

Abstract

Permasalahan dalam Jurnal penelitian tindakan sekolah ( PTS ) ini adalah kualitas RPP tematik guru kelas I, II, dan III  di SD Negeri Kiarasari UPTD Pendidikan Kecamatan Compreng masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan  kualitas RPP Tematik guru kelas I, II, dan III di SD Negeri Kiarasari UPTD Pendidikan Kecamatan Compreng pada Semester II Tahun Pelajaran 2016 / 2017 melalui supervisi akademik. Subyek  Jurnal dalam penelitian ini adalah  guru kelas I sebanyak 2 orang. Guru Kelas II sebanyak 2 orang dan guru kelas III sebanyak 2 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2017 sampai dengan April 2017 (3 bulan ) dengan harapan RPP  tematik yang disusun guru kelas I, II, dan III dapat digunakan dalam Tahun Pelajaran 2017/2018 karena lebih berkualitas dibanding RPP Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Kegiatan penelitian meliputi (1) tahap persiapan proposal (2) membuat instrumen (3) pelaksanaan supervisi akademik  secara kelompok dalam siklus I dan supervisi akademik secara individu (percakapan individu) dalam siklus II (4) menganalisa data (5) pembahasan (6) membuat laporan. Hasil supervisi akademik secara kelompok pada penelitian siklus I, RPP tematik yang disusun oleh guru kelas I, II, dan III masih belum maksimal, maka perlu dilakukan supervisi  akademik lanjutan yaitu pada siklus II,  pelaksanaan tindakan supervisi akadimik pada siklus II dilakukan secara individual (percakapan individu).  Hasil rata-rata kualitas RPP tematik kelas I, II, dan III pada kondisi awal  61,50 (kategori kurang ), pada siklus I 65,17 (kategori cukup ), dan pada siklus II 70,67 (katagori cukup),  hasil siklus I dibanding kondisi awal naik 5,98 %,  dan hasil pada siklus II  naik 8,45% dibanding hasil siklus I.  Berdasarkan  latar belakang, rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian penulis menyimpulkan  bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kualitas RPP Tematik guru Kelas I, II, dan III di SD Negeri Kiarasari UPTD Pendidikan Kecamatan Compreng tahun pelajaran 2016 / 2017

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

KUSDIYANTO, K. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP TEMATIK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/246