PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS NARRATIVE MELALUI MEDIA PICTURE SERIES DI KELAS IX A SMPN 5 SUBANG
Keywords:
Menulis Teks Narative, Picture SeriesAbstract
Pembelajaran bahasa meliputi 4 aspek keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu mendengar ( listening ), berbicara ( speeking ), membaca ( reading ) dan menulis ( writing ).Obyek penelitian adalah siswa kelas IX A Semester 2 SMPN 5 Subang Tahun Pelajaran 2017 – 2018 dengan jumlah 5 siswa laki – laki dan 20 siswa perempuan. Total siswa adalah 25 orang. Penelitian dilakukan selama 1 bulan dimulai pertengahan bulan desember 2017 hingga pertengahan Januari 2018 dengan materi teks naratif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus I, peneliti meminta setiap kelompok siswa menulis cerita yang sama berdasakan gambar seri dengan cara menjodohkan gambar dengan paragrap /passage yang diberikan. Dengan pembekalan yang diberikan sebelumnya diperoleh hasil rata – rata nilai 60 yang berarti sangat baik.Pada siklus II, peneliti meminta setiap kelompok siswa menulis cerita yang berbeda tiap kelompoknya berdasarkan gambar seri dengan cara menjodohkan gambar dengan paragrap / passage yang diberikan. Hasil rata – rata nilai yang didapat adalah 80, yang berarti kemampuan menulisnya sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh siswa, adapun hasil penelitianya adalah Pembelajaran naratif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa khususnya menulis dengan menggunakan media gambar.