PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATERI KEPATUHAN TERHADAP HUKUM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IX-C SMP NEGERI 5 SUBANG

Authors

  • RIKRIK YULIA SMP Negeri 5 Subang

Keywords:

Inkuiri, Hasil Belajar

Abstract

Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh data bahwa: Pada Siklus I, Dari 29 peserta didik pada saat pretest menunjukkan skor keseluruhan berjumlah 1530, artinya bahwa nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 52,7.Nilai tertinggi secara individu diperoleh peserta didik dengan nomor urut 11 dan 20 dengan nilai 70.Pada Siklus II,Dari 29 peserta didik pada saat pretest menunjukkan skor keseluruhan berjumlah 2230, artinya bahwa nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 63,1.Nilai tertinggi secara individu diperoleh peserta didik dengan nomor urut 20 dengan nilai 90.Pada Siklus III,Dari 29 peserta didik pada saat pretest menunjukkan skor keseluruhan berjumlah 1830, artinya bahwa nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76,9.Nilai tertinggi secara individu diperoleh peserta didik dengan nomor urut2,4,5, dan  20 dengan nilai 80. Berdasarkan hasil uraian-uraian di atas dapat diperoleh data sbb : (1) Respon peserta didik kelas IX-C SMP negeri 5 Subang sangat baik terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi kepatuhan terhadap hukum melalui pembelajaran inkuiri, (2) Hasil pembelajaran peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 5 Subang pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi kepatuhan terhadap hukum  dapat dikategorikan baik, yang ditunjukkan oleh hasil belajarnya yang menunjukkan peningkatan. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-C SMP negeri 5 Subang pada materi kepatuhan terhjadap hukum. Dari kesimpulan di atas dapat dikemukakan beberapa saran  (1) Bagi peserta didik, hendaknya lebih memanfaatkan pengalaman belajar dengan penerapan pembelajaran Inkuiri sebagai suatu bagian dalam meningkatkan minat, sikap dan respon dalam mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), tidak hanya pada topik yang dibahas di atas, tetapi diterapkan pada pelajaran lainnya, (2) Guru hendaknya terus melakukan variasi dalam memilih metode pembelajaran disesuaikan dengan topik bahasan dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di masa mendatang.

Downloads

Published

2018-03-16

How to Cite

YULIA, R. (2018). PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATERI KEPATUHAN TERHADAP HUKUM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IX-C SMP NEGERI 5 SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/254