MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 SUBANG
Keywords:
Teknik diskusi, hasil belajar, sistem koordinatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi sistem koordinat dengan teknik diskusi di kelas VIII-B SMP Negeri 3 Subang. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A sejumlah 35, terdiri dari 1 peserta didik perempuan dan 16 peserta didik laki-laki. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan (PTK), terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi angket, lembar observasi dan lembar tes. Data yang diperoleh bersifat kuantitatif dan kualitatif disesuaikan dengan instrument yang digunakan. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh data bahwa: (a) terdapat peningkatan aktivitas guru dalam pembeljaran, (b) menunjukkan adanya respon positif dari siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran, (c) terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya dari data tersebut disimpulkan bahwa penerapan teknik diskusi dapat mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII-B di SMP negeri 3 Subang.