PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI MEDIA BENDA KONKRIT

Authors

  • Z A H R O H Z A H R O H SDN Sukaseneng Kec. Compreng Kab. Subang

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, IPA, Media Benda Konkret

Abstract

 Latar belakang dilaksanakannya jurnal penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Sukaseneng Kecamatan Compreng pada mata pelajaran IPA pada materi Bagian- bagian tumbuhan dan kegunaannya. Hal ini di tunjukan dengan jumlah siswa yang berhasil mendapat nilai di atas KKM sebesar 65, hanya 8 orang siswa dari 19 orang  siswa atau 42,1 %. Maka penulis melakukan jurnal penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Kegunaannya Melalui Media Benda Konkret†(PTK IPA Kelas II Semester I SD Negeri Sukaseneng Kecamatan Compreng Kabupaten Subang Tahun 2016). Jurnal penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pelaksana dan rekan sejawat sebagai observer. Subjek jurnal penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Sukaseneng Kecamatan Compreng dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang  yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jurnal Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus memiliki tahapan-tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpul data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Kegunaannya bagi siswa kelas II SD Negeri Sukaseneng Kecamatan Compreng. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang mengalami kenaikan dari pra siklus sebanyak 8 orang atau sebesar 41,2 %, menjadi sebanyak 13 siswa atau sebesar 68,4 % dari 19 siswa pada siklus I, dan naik menjadi 18 siswa atau 94,7 % dari 19 siswa pada siklus II. Hal ini berarti telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni 80 % siswa tuntas belajar.

Downloads

Published

2018-03-17

How to Cite

Z A H R O H, Z. A. H. R. O. H. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI MEDIA BENDA KONKRIT. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/264