PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAPAT MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (PTK Di Kelas V SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang)

Authors

  • CARYATI CARYATI SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang

Keywords:

Hasil Belar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam, Pembelajaran, Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1)Penerapan model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) 2) Mengetahui kelemahan dan kelebihan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) 3) Meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Pungsi Alat-Alat Tubuh,  IPA kelas lima semester satu. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD  Negeri Padasuka Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari 39 siswa. Objek dalam  penelitian ini adalah Mengenal Pungsi Alat-Alat Tubuh IPA Kelas V.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama Empat bulan. Melihat dari hasil nilai pra siklus, siklus satu dan dua, maka dapat dikatakan penelitian ini cukup berhasil dengan hasil data nilai yang diperoleh mulai dari pra siklus, siklus satu dan dua menunjukan kemajuan kearah yang lebih baik. Pada prasiklus hanya 3 siswa yang mencapai (0.8%) dari KKM yang telah ditetapkan yaitu dengan nilai 70, siklus ke satu 16 siswa atau (42%), siklus ke dua 37 siswa (100%) siswa yang telah memenuhi nilai KKM.

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

CARYATI, C. (2018). PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAPAT MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (PTK Di Kelas V SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 1–12. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/311