MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR AND SHERE)

Authors

  • RUHENDA RUHENDA SD Negeri Pasirluhur

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Think Pairs Share (TPS)

Abstract

Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Sistem Pemerintah Desa dan Kecamatan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pairs Share) di SD Negeri Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang  Kabupaten Subang. Kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD Negeri Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang mengalami sejumlah permasalahan. Diantaranya adalah perolehan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Jika hal ini terus dibiarkan, dikhawatirkan tujuan pembelajaran PKn tidak akan tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pairs Share) di SD Negeri PasirluhurKecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pairs Share) di SD Negeri PasirluhurKecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam setiap siklusnya. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan tiga pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek penelitian terdiri dari 27 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada pertemuan ke 1 dan ke 2 pembahaasan materi pelajaran, sedangkan  pertemuan ke 3 pelaksanaan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 67,96 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 81,30. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,90 (20,62%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pairs and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 pada materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan.

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

RUHENDA, R. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR AND SHERE). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 75–83. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/318