UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SHOLAT JENAZAH MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL

Authors

  • AHMAD JUHAEDI Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang

Keywords:

Metode Pembelajaran Diskusi, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) adanya kesulitan siswa dalam memahami materi shalat jenazah dan (2) kesulitan siswa dalam shalat jenazah. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan penguasaan shalat jenazah siswa dengan menggunakan metode Drill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran shalat jenazah dengan menggunakan metode Drill, dan mendeskripsikan hasil pembelajarannya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Subang Kab. Subang Kelas X MIA 1 Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada tiap siklus diterapkan metode drill. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, jurnal, catatan lapangan, dan tes. Wawancara digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi; observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran; jurnal digunakan untuk mengetahui kesan siswa setelah pembelajaran; catatan harian digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam materi shalat jenazah. Baik secara proses maupun hasil pencapaian batas ketuntasan belajar dan penguasaan kompetensi dasar pada pembelajaran fiqih, khususnya pengajaran shalat jenazah. Hal ini terlihat pada siklus II semua siswa sebanyak 37 anak sudah menguasai kompetensi dasar karena memperoleh nilai A. Secara persentase pun telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari 75% pada siklus I, menjadi 81,05% pada siklus II. Melalui metode drill terbukti dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif serta menumbuhkan motivasi siswa untuk memahami materi pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti pada khususnya dan bagi instansi atau lembaga yang fikih pada umumnya, yang mempunyai tujuan yang sama yaitu meningkatkan kemampuan materi shalat jenazah siswa.

Downloads

Published

2018-10-26

How to Cite

JUHAEDI, A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SHOLAT JENAZAH MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 116–125. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/337