PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS MATERI KEWAJIBAN BERDAKWAH

Authors

  • NUNUNG NURLIAH MA AL-ISTIQOMAH TANJUNGSIANG

Keywords:

Metode Pembelajaran Diskusi, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XII MIA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran        Al-Quran Hadits materi kewajiban berdakwah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XII MIA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap akhir pertemuan dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian menggunakan metode pembelajaran diskusi dapat diperoleh peningkatan pada setiap siklus. Dari data hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 78,61 dan siklus II adalah 96,67. Rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I adalah 72,22% dan siklus II 100%. Dari data tersebut terlihat jelas bahwa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yang signifikan. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XII MIA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits materi kewajiban berdakwah.

Downloads

Published

2018-10-26

How to Cite

NURLIAH, N. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS MATERI KEWAJIBAN BERDAKWAH. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 145–156. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/339