PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI KELOMPOK SOSIAL

Authors

  • KOMASIH KOMASIH Madrasah Aliyah Al Istiqomah Tanjung Siang

Keywords:

Metode Pembelajaran Inkuiri Training, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XI IPS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Sosiologi materi kelompok sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap akhir pertemuan dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian menggunakan metode pembelajaran inkuiri training dapat diperoleh peningkatan pada setiap siklus. Dari data hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 78,97 dan siklus II adalah 96,76. Rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I adalah 73,53% dan siklus II 100%. Dari data tersebut terlihat jelas bahwa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yang signifikan. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri training dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Sosiologi materi kelompok sosial

Downloads

Published

2018-10-29

How to Cite

KOMASIH, K. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI KELOMPOK SOSIAL. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 169–184. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/341