PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN SEKOLAH MELALUI PENGELOLAAN BANK SAMPAH (PTS di SD Negeri Harumanis, Kecamatan Subang, Tahun 2017)

Authors

  • SUPRIATNA SUPRIATNA SD Negeri Harumanis

Keywords:

kewirausahaan sekolah, bank sampah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran warga sekolah akan sampah, yang berdampak pada lingkungan sekitar sekolah dan memanfaatkan limbah sekolah menjadi inkam sekolah. Pada tahapan pra siklus tidak ada inkan yang dapat diambil dari sampah, hanya permasalahan yang sangat komplek saja. Kesadaran warga sekolah kurang baik terhadap sampah, warga sekolah masih membuang sampah seenaknya saja. Pada siklus kesatu dengan menerapkan pengelolaan bank sampah yang baik maka ditemukan beberapa solusi penanganan sampah dan inkam untuk sekolah yaitu Rp.465.600, Pada siklus kedua hasil penjualan sampah berharga bertambah yaitu Rp.482.000, Pada siklus ketiga jumlah inkam sekolah yang di dapat dari pengelolaan bank sampah yaitu Rp.644.800. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diperoleh data dengan pengelolaan sampah yang baik melalui bank sampah  ternyata warga sekolah lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, lebih menghargai sampah yang tadinya hanya barang bekas yang tidak berharga menjadi barang yang berharga yang mempunyai nilai ekonomis untuk kewirausahaan sekolah. Pendidikan bagi siswa sangat terlihat, pendidikan yang melekat yang akan terus dilaksanakan sampai dewasa dimanapun mereka tinggal. Sebelum ada pengelolaan sampah yang baik tidak ada nilai ekonomi yang dapat diambil, setelah adanya penelitian ini dengan menggunakan program pengelolaan bank sampah inkam sekolah yang didapat yaitu Rp. 1.592.400, maka penelitian ini berdampak baik pada kompetensi kewirausahaan bagi sekolah.

Downloads

Published

2018-10-29

How to Cite

SUPRIATNA, S. (2018). PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN SEKOLAH MELALUI PENGELOLAAN BANK SAMPAH (PTS di SD Negeri Harumanis, Kecamatan Subang, Tahun 2017). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 185–200. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/342