MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN EMO KURNIAATMAJA PADA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI

Authors

  • YULIANA ISMIATI SDN Emo Kurniaatmaja Kecamatan Subang

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN Emo Kurniaatmaja Kecamatan Subang Kabupaten Subang pada mata pelajaran IPA. Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Emo Kurniaatmaja pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, dengan jumlah siswa 11, yaitu terdiri dari 7 laki-laki dan 4 perempuan. Dari hasil evaluasi akhir siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 63,64% sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar81,82%. Untuk observasi guru siklus I sebesar 69,75% atau kategori baik dan siklus II sebesar 80,26% atau berada dalam kategori baik. Untuk observasi aktivitas siswa siklus I berada dalam kategori sangat kurang sedangkan siklus II berada dalam kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN Emo Kurniaatmaja.

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

ISMIATI, Y. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN EMO KURNIAATMAJA PADA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 324–33. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/357