MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)

  • MALIKUL HUSNA SDN. Taman Harapan Kec. Serangpanjang

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Taman Harapan Serangpanjang dengan judul  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Mahluk Hidup melalui Model pembelajaran team games tournament (TGT) Penelitian ini diambil karena melihat hasil belajar IPA di SD yang masih belum optimal. Proses pembelajaran yang monoton, aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1)  Mengetahui aktifitas dalam proses pembelajaran IPA dalam menggunakan Model pembelajaran team games tournament (TGT), 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Taman Harapan Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang dalam pelajaran IPA setelah menggunakan Model pembelajaran team games tournament (TGT).Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan pokok yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi proses kerja berupa penilaian aktivitas siswa,  dan tes evaluasi berupa pre tes dan pos tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajran Discovery Learning pada materi makhluk hidup dalam mata pelajaran IPA di kelas IV dapat meningkatkan rata rata hasil belajar sebesar 67,78 pada siklus I, siklus II menjadi 80,00% ,  ini berarti bahwa penerapan Model pembelajaran team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi makhluk hidup di kelas IV SDN Taman Harapan Kec. Serangpanjang Kab. Subang.

Published
2019-03-27
How to Cite
HUSNA, MALIKUL. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 11-18, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/442>. Date accessed: 16 june 2019.