MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

  • ADE TUTI JUATI SD Negeri Nagrak Kecamatan Ciater

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Memahami Kebebasan Berorganisasi melalui penerapan  Model Pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V  SD Negeri  Nagrak Kecamatan Ciater Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 20 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 pertemuan  pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,50 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 83,00. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 14,50 ( 21,17% ). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  dengan Model Pembelajaran Mind Mapping  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Published
2019-03-27
How to Cite
JUATI, ADE TUTI. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 55-62, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/447>. Date accessed: 24 aug. 2019.