MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEMERINTAH DESA DAN PEMERINTAH KECAMATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

  • CUCU NURJANAH SD Negeri Panaruban Kec. Sagalaherang

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Panaruban karena melihat hasil belajar PKn di SDN Panaruban yang belum optimal. Proses pembelajaran yang monoton, perolehan hasil belajar siswa masih rendah,dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui motivasi siswa kelas IV SDN Panaruban Sagalaherang Kabupaten Subang selama  pembelajaran PKn pada materi pokok Sistem Pemerintahan  Desa dan Pemerintahan Kecamatan menggunakan media pembelajaran lingkungan, 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Panaruban Sagalaherang Kabupaten Subang pada pokok Sistem Pemerintahan  Desa dan Pemerintahan Kecamatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi pokok Sistem Pemerintahan  Desa dan Pemerintahan Kecamatan dalam mata pelajaran PKn di kelas IV menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 68,13 pada siklus I dan sebesar 79,63 pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,85 ( 17,48% ). Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar pada pembelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan  Desa dan Pemerintahan Kecamatan di kelas IV SDN Panaruban Kecamatan Sagalaherang.

Published
2019-03-27
How to Cite
NURJANAH, CUCU. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEMERINTAH DESA DAN PEMERINTAH KECAMATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 63-72, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/449>. Date accessed: 24 aug. 2019.