IMPLEMENTASI MODEL STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

  • ANI NURYANIE SMP Negeri 2 Subang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui implementasi model STAD dalam meningkatkan kemampuan pengetahuan atauu ingatan peserta didik, (2) Untuk mengetahui implementasi model STAD dalam meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik, (3) Untuk mengetahui implementasi STAD dalam meningkatkan kemampuan aplikasi peserta didik. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A sejumlah 42, terdiri dari 22 peserta didik perempuan dan 20 peserta didik alki-laki. Penelitian bersifat penelitian tindakan (PTK), terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Data yang terkumpul bersifat kuantitatif dan kualitatif disesuaikan dengan instrument yang digunakan (lembar observasi, angket dan lembar tes). Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Berdasarkan analisis terhadap hasil evaluasi yang diberikan kepada peserta didik pada akhir siklus I, akhir siklus II, dan akhir siklus III, bahwa model STAD dapat meningkatkan pengetahuan dan ingatan peserta didik, yang ditunjukan oleh hasil tes yang terus meningkat. Pada siklus I, peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 68,75 % meningkat pada evaluasi siklus II sebesar 75,00 % dan pada evaluasi siklus III sebesar 100 %., (2) Berdasarkan hasil angket dan wawancara terhadap peserta didik menunjukkan bahwa model STAD dapat meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik terhadap pelajaran matematika, yang ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan peserta didik yang memperlihatkan respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan, (3) Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa model STAD dapat meningkatkan kemampuan aplikasi peserta didik, yang ditunjukan oleh aktivitas dalam pembelajaran bahwa peserta didik menunjukkan peningkatan dalam aktivitas belajarnya, seperti bertanya, menjawab, bahkan dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok peserta didik.

Published
2019-03-27
How to Cite
NURYANIE, ANI. IMPLEMENTASI MODEL STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 83-87, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/451>. Date accessed: 16 june 2019.