MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEAJARAN MATEMATIKA MATERI SISTEM KOORDINAT MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 SUBANG

  • KORI HERAWATI SMP Negeri 2 Subang

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika di SMPN  2 Subang saat ini siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Khususnya dalam pembelajaran di dalam kelas, anak diarahkan pada kemampuan cara menggunakan rumus, menghafal rumus, matematika hanya untuk mengerjakan soal, jarang diajarkan untuk menganalisis dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya, ketika anak didik diberi soal aplikasi atau soal yang berbeda dengan soal latihannya, maka mereka akan membuat kesalahan. Itulah sebabnya dalam pembelajaran diperlukan penerapan metode yang sesuai yang mampu meningkatkan hasil belajar konsep, diantaranya menerapkan pembelajaran dengan metode problem solving. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah “bagaimanakah pembelajaran rpblem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Subang.  Penelitian ini bertujuan  meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Subang dengan pembelajaran problem solving. Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 2 Subang sebanyak 40, terdiri dari 20 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Penelitian bersifat penelitian tindakan (PTK), terdiri dari 2 siklus (tiap siklus terdiri dari dua pertemuan), masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh hasil Siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 27 orang (67,5 %), nilai tertinggi 90 dan terendah 64,25, pada siklus II sebanyak 38 orang (95 %). nilai tertinggi 90, nilai terendah 50 dengan rata-rata sebesar 75,dan pada tes akhir sebanyak 40 orang (100%), nilai tertinggi 90, terendah 60, dan rata-rata 78,5. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : bahwa pembelajaran problem solving  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Subang. Berdasarkan simpulan yang diperoleh dapat disarankan: (1) Kemampuan belajar siswa terus ditingkatkan dengan banyak memperkenalkan berbagai metode dan cara-cara belajarnya, (2) Tingkatkan kemampuan guru dengan pengalaman pembelajaran, melalui aktivitas belajar mengajar dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, (3) Sekolah lebih memperbanyak media pembelajaran yang berkaitan dengan upaya peningkatan hasil belajar siswa.


 

Published
2019-03-27
How to Cite
HERAWATI, KORI. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEAJARAN MATEMATIKA MATERI SISTEM KOORDINAT MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 88-93, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/452>. Date accessed: 16 june 2019.