MENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBUAT KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH MELALUI METODE DRILL DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 5 SUBANG

  • AI RUHATI SMP Negeri 5 Subang

Abstract

Seperti di sekolah-sekolah lainnya, pembelajaran di SMP Negeri 5 Subang masih banyak yang menggunakan metode konvensional yang memposisikan siswa paif dan menunggu perintah dari guru. Pelajaran prakarya merupakan mata pelajaran yang lebih menuntut siswa bertindak aktif dan proaktif dalam upaya mengembangkan potensi dirinya. Oleh karenanya di dalam pembelajaran prakarya diperlukan satu metode yang memungkinkan siswa bekerja dan berbuat sesuatu untuk kepentingan belajarnya. Bahan limbah sebagai salah satu material yang ada dekat di sekitar keihdupan siswa dapat menjadi sumber yang produktif bagi perkembangan keterampilan siswa, melalui pembelajaran prakarya. Desain penelitian adalah peneilitan tindakan kelas menurut model Kemis and Taggart, berupa rangkaian kegiatan berkesinambungan, perencanaan, pelaksanaan / observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ditetapkan siswa kelas VIII-B SMP negeri 5 Subangh sebanyak 29 siswa, terdiri dari 13 perempuan dan 16 laki-laki. Teknik pengumpulan data digunakan lembar tes, lembar observai dan angket.  didesain ke dalam bentuk penelitian tindakan kelas Berdasarkan interpretasi dari hasil analisis, dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa pada materi kerajinan dari bahan limbah di kelas VIII-B SMP Negeri 5 Subang. 


 

Published
2019-03-27
How to Cite
RUHATI, AI. MENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBUAT KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH MELALUI METODE DRILL DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 5 SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 94-99, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/453>. Date accessed: 24 aug. 2019.