PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKASI ANTARA GURU DAN SISWA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI MUDIK LEBARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PURWADADI SUBANG

  • ENUNG JUNIRAH SMP Negeri 2 Purwadadi Subang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Purwadadi  Subang pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema Mudik Lebaran, (2) Untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar pada pelajaran Ilrnu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Purwadadi  Subang, (3) Untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dalam membantu proses pembelajaran di kelas menjadi lebih kondusif. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-D SMP Negri 2 Purwadadi  Subang tahun pelajaran 2014-2015 sebanyak 40 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian bersifat penelitian tindakan (PTK), terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Data yang terkumpul bersifat kuantitatif dan kualitatif disesuaikan dengan instrument yang digunakan (lembar observasi, angket dan lembar tes). Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Purwadadi  Subang pada pelajaran ilmu Pengetahuan Sosial tema Mudik Lebaran, yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata ketuntasan 72,5 % dengan rata-rata nilai 68,7, pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata ketuntatasan sebesar 82,5 % dengan rata-rata nilai 72,5, dan siklus III menunjukkan nilai rata-rata ketuntasan sebesar 90,00 % dengan nilai rata-rata 77,25, (2) Pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Purwadadi  Subang, yang ditunjukkan oleh respon dan tanggapan siswa yang positif terhadap proses pembelajaran, (3) Pembelajaran kontekstual dapat membantu proses pembelajaran di kelas menjadi lebih kondusif, yang ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran.

Published
2019-03-28
How to Cite
JUNIRAH, ENUNG. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKASI ANTARA GURU DAN SISWA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI MUDIK LEBARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PURWADADI SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 100-107, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/454>. Date accessed: 16 june 2019.