MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Authors

  • USMAWATI USMAWATI SD Negeri Leles III

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Koopearif, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pecahan Sederhana melalui penerapan  Model model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa Kelas III  SD Negeri  Leles III Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 15 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,33 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,00. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 10,67 (15,39%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri Leles III Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Pecahan Sederhana

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

USMAWATI, U. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(01), 115–122. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/456