MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PERMAINAN BOLA VOLLY DALAM MELAKUKAN SERVIS ATAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN

  • UKON SUHANDI SD Negeri Megamendung Kec. Serangpanjang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  siswa bermain bola polly dalam melakukan service atas dengan menggunakan model pembelajaran Drill dan Bermain  pada siswa kelas V  SD Negeri  Megamendung Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 11 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes .   pada siklus 1 dapat dipaparkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik menjadi 66,36 dengan prosentase ketuntasan 55,45%. Nilai tersebut belum mencapai indikator  utama penelitian yaitu minimal 68% ketuntasan belajar.dan siklus II nilai rata-rata peserta didik sudah mencapai 83,63. Dengan nilai terendah 60. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Drill dan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Megamendung Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada materi bermain bola polly dalam melakukan service atas.

Published
2019-03-28
How to Cite
SUHANDI, UKON. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PERMAINAN BOLA VOLLY DALAM MELAKUKAN SERVIS ATAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 123-131, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/457>. Date accessed: 24 aug. 2019.