MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPSTHINK PAIRS SHARE (TPS) DISERTAI MEDIA LIDI

  • EMA NARUMANAH SD Negeri Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan melalui penerapan  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pairs and Shere (TPS)  pada siswa kelas II  SD Negeri  Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran  2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 20 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada pertemuan ke 1 dan ke 2 tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan  ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,75 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 81,00. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,25 ( 16,13% ). Dengan demikian pembelajaran Matematika  dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pairs and Shere (TPS)   dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Published
2019-03-28
How to Cite
NARUMANAH, EMA. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPSTHINK PAIRS SHARE (TPS) DISERTAI MEDIA LIDI. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 141-150, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/460>. Date accessed: 16 june 2019.