MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DEMONTRASI DAN EKSPERIMEN

  • NUNUNG NURHAYATI SDN Nyimplung Kecamatan Subang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman belajar siswa kelas Tiga SD Negeri Nyimplung dalam pelajaran PAI. Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi Bacaan dan Gerakan Shalat dengan metode Demontrasi dan Eksperimen. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang selama tiga bulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester 2 SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam dengan materi Bacaan dan Gerakan Shalat, dengan metode Demontrasi dan Eksperimen.Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Penerapan metode Demontrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Bacaan dan Gerakan Shalat dan 2) Penerapan metode Demontrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman dan nilai hasil rata-rata belajar siswa pada setiap siklus.Pada tahapan pra siklus hanya dua orang yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditetapkan, setelah melakukan pembelajaran lagi dengan menggunakan metode Demontrasi dan Eksperimen pemahaman siswa menjadi meningkat, pada siklus ke satu ada 7 siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM, bila diporsentasekan 28 % yang telah mencapai KKM, dengan nilai rata-rata siswa 42,50 dan pada siklus ke dua 28 siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM yang ditentukan, dengan porsentasi ketuntasan 88% mencapai KKM, dengan nilai rata-rata siswa 87,5.Dengan adanya perubahan hasil nilai dari siklus kesatu ke siklus kedua maka dapat disimpulkan dengan melalui penerapan model pembelajaran Demontrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan pembelajaran siswa pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Bacaan dan Gerakan Shalat.

Published
2019-03-29
How to Cite
NURHAYATI, NUNUNG. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DEMONTRASI DAN EKSPERIMEN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 170-186, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/466>. Date accessed: 16 june 2019.