PENGGUNAAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

  • LILIS YULIAH Guru SDN Perumnas I Kecamatan Subang Kabupaten Subang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar dan ktifitas siswa pada pembelajaran tematik tema kepemimpinan yang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Rendahnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh kurangnya minat peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik ini menggunakan alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan metode Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik khusunya pada tema kepemimpinan. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari sampai Februari 2017. Kesimpulan dari hal ini dapat terlihat dari data nilai rata-rata pada prasiklus yaitu 70 dengan presentase ketuntasan 33,3%, siklus I yaitu 77,5 dengan ketuntasan 65,3%, dan siklus II dengan rata-rata 82,7 dan ketuntasan 88,5%. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan dari keaktifan 45% menjadi 75%. Kurikulum yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan iklim persekolahan, dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75,00 untuk mata mata eljaran yang terintegritas dlam pembeljaran tematik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VI SDN Perumnas I melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping.

Published
2019-03-29
How to Cite
YULIAH, LILIS. PENGGUNAAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 222-231, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/470>. Date accessed: 24 aug. 2019.