MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS II SDN ROSELA INDAH MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 7 SUBTEMA 2

  • YUYUN YUDIANINGSIH SDN Rosela Indah Subang

Abstract

Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini  melalui empat tahap kegiatan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengmtan, dn refleksi. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi dan evaluasi, serta menggunakan metode penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus di lakukan sebanyak satu kali pertemuan, Berdasarkan  analisis data hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa pada pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia dikelas II SDN Rosela Indah Subang. Tingkat keberhasilan pembelajaran pada siklus I  67% dengan nilai rata-rata 63,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata 75,5.


 

Published
2019-03-31
How to Cite
YUDIANINGSIH, YUYUN. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS II SDN ROSELA INDAH MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 7 SUBTEMA 2. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 241-252, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/472>. Date accessed: 24 aug. 2019.