MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAKAT FITRAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM PEARS SHERE (TPS)

  • Ikah Mudrikah SD Negeri Sagalaherang V
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK),, Think Pairs Share (TPS)

Abstract

Penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus dengan 3 pertemuan tiap siklusnya untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri  Sagalaherang V Kabupaten Subang. Yang menjadi subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik Kelas IV SD Negeri  Sagalaherang V Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 17 orang. Berdasarkan analisis dan pengolahan data, telah terjadi peningkatan diberbagai faktor baik dari nalai rata-rata, nilai terendah dan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM. Begitupun dan hasil observasi dan angket siswa yang menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran, baik interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan materi pelajaran dan sikap siswa lebih aktif bekerjasama dalarn kelompoknya. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pairs and Share dapat meningkatkan kerena ampuan siswa memahami materi Mengenal Zakat Fitrah pada siswa kelas IV SD Negeri  Sagalaherang V Kecamatan Sagalaherang  Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajanan 2017/ 2018.

Published
2019-10-31
How to Cite
Mudrikah, I. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAKAT FITRAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM PEARS SHERE (TPS). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 326-334. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/546